Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi


Objek wisata perkebunan the jamus dikelola oleh PT Candi Loka. Perkebunan the Jamus menawarkan pemandangan indah di kaki pegunungan Lawu dengan alam yang sejuk dan alami. Perkebunan ini berlokasi di desa Girikerto kecamatan Sine kurang lebih 40 km dari Ngawi. Lokasi yang terletak di ketinggian pegunungan Lawu dengan pemndangan perkebunan the sejauh mata memandang memberi sensasi yang luar biasa. Disini juga terdapat sumber air Sumber lanang yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit dan membuat awet muda.(eastjava.com)

Kebun Teh Jamus Ngawi
http://1.bp.blogspot.com/_d2PjBgPepSc/TL8wnYZ6yYI/AAAAAAAAAG4/VMD4CO6GSFs/s1600/pesona-jamus-ngawi-21.jpg

http://sekalisaja.blogdetik.com/files/2009/12/pesona-jamus-ngawi-4-300x200.jpg


Kebun Teh Jamus sebagai salah satu unit perkebunan besar di Kabupaten Ngawi Propinsi Jawa Timur sudah barang tentu mempunyai andil dalam upaya mendukung tercapainya sasaran kebijakan pemerintah Kabupaten Ngawi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan termasuk pengentasan kemiskinan, memberikan lapangan kerja, penghasil produk eksport serta pemeliharaan sumber daya alam dan kelestarian Lingkungan Hidup. Selain itu sektor agrowisata merupakan potensi yang harus digali dan dikembangkan.
Menyadari sangat pentingnya pembangunan Kebun Teh Jamus diberbagai sektor maka pihak pengelola yakni PT. Candi Loka mengambil kebijakan khususnya sektor agrowisata benar-benar tengah digarap potensi dan pengembangannya dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan hidup.
Agrowisata yang berwawasan lingkungan hidup ini sebenarnya sudah diawali tahun 1993 dengan membangun kawasan kebun dan lingkungannya tetap alami dan lestari. Langkah yang ditempuh selain pemadatan populasi teh dengan berbagai koleksi klon juga program sejuta pohon pelindung yang akhirnya mampu meraih penghargaan tingkat nasional nominasi Kalpataru tahun 2004 kategori Pembina Lingkungan Hidup pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2004 di Istana Negara Jakarta.
Mengingat semakin padatnya kunjungan wisata ke Jamus, saat ini pengembangan sektor Agrowisata Jamus dengan berbagai fasilitas penunjang sedang dilaksanakan pembangunannya. Upaya ini tentunya membutuhkan dukungan berbagai pihak agar dapat terwujud, lebih-lebih akses jalan yang memadai menuju kawasan Agrowisata Jamus. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan. Oleh sebab itu pengelola Kebun Teh Jamus telah melebarkan jalan diarea kebun menuju tempat wisata disamping aman, kenyamanan berwisata akan dapat lebih sempurna apabila jalan pemkab di Sambirejo sampai dengan Jamus secara keseluruhan telah diperlebar dan diaspal.
Selanjutnya disusunlah profil Agrowisata Jamus dimaksudkan memberikan gambaran tentang paket Agrowisata di Jamus.

OBYEK AGROWISATA
Pembibitan Tanaman Teh Dan Aneka Tanaman
Luas Pembibitan 1 Ha dengan atap khusus (paranet), pembibitan berbagai jenis tanaman dan bunga – bungaan merupakan unit usaha aneka pembibitan tanaman Koperasi Karyawan Sumber Candiloka.



Koleksi Berbagai Klon Teh













Grojokan Songo Tuk Pakel
Suatu pemandangan air mengalir sepanjang hampir 25 meter lebar 3 meter mengalir deras lewat bebatuan yang tertata alami bentuk seperti tangga tidak beraturan dan berlekuk sangat bagus dan indah. Pinggiran grojokan pepohonan yang rindang asri tak jemu jemu untuk dipandang; mata dan pikiran terasa benar benar segar. Sekitar grojokan daun daun teh yang masih muda segar siap dipetik.
















Bumi Perkemahan "KANTIL IDAMAN"
Luas lahan 0,7 Ha mampu menampung 1000 peserta kemah, fasilitas; Masjid, mck dan tempat api unggun dibawah 3 pohon kantil yang telah berusia lebih dari 1 abad (tahun 1881-sekarang =124 tahun). Dari Lokasi ini dapat terlihat pucuk pucuk pinus dan hamparan persawahan serta tanaman teh yang tertata indah bak permadani.














Makam Pendiri Kebun Teh Jamus Van Der Rappart (1826-1910)


Petilasan berupa makam pendiri kebun teh Van der Rapard (Belanda) yang membuka kebun teh jamus

Kincir Air Pembangkit Tenaga Listrik Peninggalan Belanda


Kincir air ini masih berfungsi menghasilkan energi listrik untuk penerangan jalan dan perumahan kapasitas terpasang 50 KVA, dengan diameter 150 cm berat ± 2 ton yang beroperasi tahun 1930 didatangkan dari negeri Belanda.

Panorama Gardupolo


Di lokasi Gardupolo akan di bangun kolam renang, game area, camping ground, café, dll dengan panorama seperti di gambar ini

Kolam Renang Anak-Anak “Sumber Lanang”



Kolam renang untuk anak-anak, dari mata air Sumber Lanang, airnya sejuk dan menyehatkan di kelilingi pepohonan dan tanaman teh. Suhu air cukup dingin mencapai 15-22 derajat celsius.

Jamus Borobudur’s Hill


Sebuah bukit bentuk mirip candi borobudur, teras berupa tanaman teh yang telah berumur hampir 100 tahun, ada tangga sejumlah 117 menuju puncak bukit. Ketinggian Bukit 35,4 meter, luas Areal 3,54 Ha, Jumlah Tanaman Teh berkisar 35.400 pohon.
10. Goa Jepang
Goa yang cukup unik peninggalan tentara Jepang tahun 1942 dengan panjang + 14 meter membelah dua lorong. Konon digunakan untuk menyimpan bahan makanan, persenjataan dan harta karun.

Grojokan Kedung Putri


Grojokan dari Sumber Mata Air Sawahan dengan suara gemuruh air dan pesona air yang sangat bagus.

Agrowisata di Jamus diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ngawi.
Bidang usaha yang dilaksanakan dapat berupa produk pertanian, kerajinan tangan, jasa transportasi dan lainnya. Khusus pelayanan wisata yang membutuhkan penginapan diharapkan berada di Desa Girikerto, Ngrendeng atau Sambirejo, selain pemerataan pendapatan dampak sosial negatif yang timbul di Jamus dapat diminimalisir.
PT. Candi Loka telah melaksanakan pembangunan sektor agrowisata di Jamus. Hal ini harus ditunjang dengan akses jalan menuju kawasan wisata yang baik dan memadai, peran Pemerintah Kabupaten Ngawi sangatlah dibutuhkan dalam hal pelebaran dan pengaspalan jalan tersebut.
Demikian sekilas profil Agrowisata Jamus mudah-mudahan dapat memberikan gambaran yang lebih riil dan dapat ditindaklanjuti agar usaha ini dapat memberikan hasil dan manfaat bagi semua pihak.

0 comments: